KEMUNAFIKAN ITU KEKASARAN YANG PALING HALUS

Pesan Sabda Tuhan Hari Ini

Romo John Samur, Pr

Pastor Paroki Sita Manggarai Timur

Keuskupan Ruteng

Selamat bertemu lagi di hari Jumat 20 Oktober 2023, pekan biasa XXVIII, yang penuh berkat buatmu semua; ibu, bapa, saudari, saudara, sahabat, kenalanku, orang muda dan anak-anak serta seluruh keluargaku di manapun berada yang amat saya kasihi dalam Tuhan kita Yesus Kristus.

Roma 4:1-8

Mazmur 32:1-2,5,11

Injil Lukas 12:1-7

Aku terserap ragi orang Farisi

“Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang farisi…” (Lukas 12:1). Betapa mudahnya kita untuk meyakini bahwa kepribadian munafik itu ada di luar diri kita. Bahwa yang banyak sandiwaranya adalah prilaku hidup sesama. Prilaku hidup orang lain itu terstigma penuh dengan pura-puranya.

Sementara punya kita sendiri? Kita kokohkan diri sendiri selalu memiliki ragi; kebaikan, keindahan, kejujuran, kesetiaan, kepedulian, kebenaran, rela berkorban, kesalehan serta ‘segala yang suci lahir dan di dalam batin’ hanya milik kita.

Bisa jadi narasi kita tentang sesama selalu dalam kepulan asap penuh legam.  Sementara milik kita sendiri? Semuanya selalu penuh di bentangan langit; ceria dan bermandikan cahaya bulan purnama.

Benar bahwa kita sepatutnya menatap dunia dengan penuh ketenangan, kokoh dalam iman. Sebab kita tidak boleh diperdayai begitu saja oleh geliat kepura-puraan dunia. Dunia yang penuh dengan akal tipu muslihat selalu bersiap memperdaya.

Tetapi, tidak kah kita pun terkadang menjadi pegiat aktif di dalam prilaku ‘ragi kemunafikan orang Farisi?’ Di dunia teknologi canggih separti sekarang ini, betapa sulitnya menemukan dan menjadi orang yang tulus, jujur, setia, lurus, rendah hati, sederhana, rela berkorban, apa adanya, serta memeluk diri sendiri apa adanya.

Sebab, terlalu banyak usaha yang diciptakan demi terlihat penuh ‘keistimewaan’ namun tidak pada tempatnya. Yang amat mengharapkan kesan baik dari sesama. Namun sesungguhnya semuanya hanya demi pengakuan dari dunia dan sesama. Prilaku seperti ini sesungguhnya adalah sebuah kemunafikan. Kemunafikan itu kekasaran yang paling halus.

Maka tidak ada yang sulit untuk kembali menjadi yang tidak istimewa, tidak luar biasa. Memeluk diri sendiri yang tidak luar biasa dan biasa-biasa saja, itulah jalan sederhana. Untuk tidak terus tergerogoti ragi orang farisi itu. Kita janganlah terserap ragi orang Farisi. Karena itu amat berbahaya. Bahayanya adalah kita bisa memangsai orang lain, kita berprilaku barbar di dalam kehidupan bersama.

Tuhan, ampunilah aku ini, bila aku hanya memikirkan keselamatan diriku sendiri. Berikanlah aku keberanian untuk melepaskan diri dari kelekatan pada diri sendiri, keluargaku, selera & nafsu pribadi. Jadikan aku pribadi yang lurus, tulus, terbuka untuk menerima pedoman hidup dariMu dan rendah hati, sederhana, apa adanya, mau peduli pada situasi di sekitar serta tahu bersyukur atas apa saja yang Engkau berikan padaku selama aku hidup.

Salamku dalam kasih Yesus dari pastoran Sita. Berkat Tuhan yang amat melimpah tercurah dalam Ekaristi Suci tadi pagi lewat tanganku ini untukmu semua yang amat dikasihi dan mengasihi Allah.

Tuhan memberkati.

Tinggalkan komentar